Janji-Janji Alloh terhadap orang Taqwa [Kultum 1]

Ma’asyiral muslimin rahimakulullah, Kepada Bapak-bapak dan ibu-ibu jamaah sholat isyak dan insyaAlloh dilanjutkan sholat sunnah tarawih yang dimulyakan Alloh SWT. Alhamdulillah kita bersyukur kepada Alloh SWT atas segala nikmat yang Alloh SWT karuniakan kepada kita, dan nikmat yang Alloh karuniakan kepada kita ini sangat banyak dan tidak akan dapat kita hitung. Alloh SWT berfirman : Wamabikum binikmati faminalloh “Apa saja nikmat yang dikaruniakan kepada kalian semua datangnya dari Alloh SWT” Kemudian Alloh SWT berfirman :

Alloh SWT berfirman dalam surat Ibrahim;

Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah kamu dapat menghitungnya. Sesungguhnya manusia itu, sangat zhalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah).

Jadi kita mensyukuri nikmat Alloh atas segala nikmat yang Alloh karuniakan kepada kita, dengan hati kita, kita menyakini bahwa semua nikmat yang Alloh berikan kepada kita dan kepada seluruh mahluk pada hakikatnya datangnya dari Alloh SWT. Dan kita mensyukuri dengan mengucapkan Alhamdulillah atas segala nikmat yang Alloh karuniakan kepada kita  dan kita laksanakan dengan melaksanakan perintah Alloh dan menjahukan larangan Nya, ini sebagai rasa syukur kita kepada Alloh SWT. Dan nikmat yang paling besar yang Alloh karuniakan kepada kita yaitu kita ditunjuki oleh Alloh diatas islam dan sunnah. Alloh memberikan hidayah kepada kita, hidayah islam kemudian Alloh memberikan hidayah kepada kita diatas sunnah, dan ini nikmat yang wajib kita syukuri atas Alloh SWT.

Karena nikmat yang mutlak menurut penjelasan al imam ibnu qayyim nikmat islam dan sunnah serta diberikan nikmat al’afiyah, al’afiyah yaitu kita diberikan nikmat keselamatan dari berbagai macam cobaan dan adzab. yang pertama nikmat islam, yang kedua nikmat sunnah dan yang ketiga nikmat al’afiyah. Itu nikmat yang mutlak menurut penjelasan ibnu qayyim aljauziyah.

Ma’asyiral muslimin rahimakulullah setiap orang pasti menginginkan kemuliaan dan tidak menyukai kehinaan. Lalu dengan apa seseorang menjadi mulia?

Kemuliaan hanya dapat diraih dengan ketakwaan yang sebenar-benarnya, dan bukan dengan banyaknya harta atau dengan tingginya kedudukan. Hanya dengan ketakwaan seseorang akan mulia disisi Allah, sebagaimana telah Allah SWT jelaskan dalam Al-Qur’an

“Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kalian disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kalian. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.” (Al-Hujurat: 13)

Kapan dan dimana kita bertakwa?

Saudaraku, ketahuilah! bahwa Allah SWT Maha Mengetahui dan Maha Melihat, baik yang kecil maupun yang besar, yang jauh maupun yang dekat, yang tampak maupun yang tersembunyi. Semua itu dilihat dan diketahui oleh Allah SWT. Diantara sifat-sifat-Nya yang lain adalah bahwa Allah SWT Maha Mendengar, baik suara itu pelan ataupun keras. Allah SWT berfiman

“Dan jika kamu mengeraskan ucapanmu, Maka Sesungguhnya Dia mengetahui rahasia dan yang lebih tersembunyi.” (Thaha: 7)

Bahkan Allah SWT Mengetahui apa yang terlintas dalam hati seseorang, sebagaimana firman-Nya (yang artinya):

“Sesungguhnya Allah mengetahui yang tersembunyi di langit dan di bumi. Sesungguhnya Dia Maha mengetahui segala isi hati.” (Faathir: 38)

Oleh karena itu, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam berwasiat agar kita bertakwa kepada Allah SWT dimanapun dan kapanpun kita berada. Beliau shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Bertakwalah engkau kepada Allah dimana saja kamu berada, ikutilah kejelekan dengan kebaikan, niscaya kebaikan (amal sholih) tersebut akan menghapuskannya (perbuatan jelek-red); dan bergaullah dengan orang lain dengan akhlak yang baik.” (HR. At-Tirmidzi no.1987)

Kita diperintahkan untuk bertakwa kepada Allah dimana saja kita berada, baik dalam keadaan sendirian ataupun ditengah orang banyak, karena Allah SWT Melihat dan Mengawasi kita dimana dan kapanpun kita berada.

Janji Allah Bagi Orang Yang Bertakwa

Allah SWT telah banyak menyebutkan janji-janji-Nya dalam Al-Qur’an bagi orang-orang yang bertakwa, dan Allah SWT tidak akan pernah mengingkari janji-Nya. Diantara janji-janji-Nya adalah

1. Akan diberi jalan keluar dari kesulitan yang dia alami dan diberi rizki dari arah yang tidak disangka-sangka. Allah SWT berfirman

“Barangsiapa bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan (Dia akan) memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya.” (Ath-Thalaq: 2-3)

2. Akan dimudahkan segala urusannya. Hal tersebut sebagaimana yang telah dijelaskan oleh Allah SWT dalam firman-Nya

3. Akan dimasukkan ke dalam surga yang penuh dengan kenikmatan dan kelezatan serta penuh dengan ampunan. Allah SWT telah menjelaskan dalam firman-Nya

 “Dan barang siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya dia akan menghapus kesalahan-kesalahannya dan akan melipat gandakan pahala baginya.” (Ath-Thalaq: 5)

4. Akan dimasukkan ke dalam surga yang penuh dengan kenikmatan dan kelezatan serta penuh dengan ampunan. Allah SWT telah menjelaskan dalam firman-Nya (yang artinya):

“(Apakah) perumpamaan (penghuni) jannah yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa yang di dalamnya ada sungai-sungai dari air yang tiada berubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari air susu yang tidak berubah rasanya, sungai-sungai dari khamar yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai dari madu yang disaring; dan mereka memperoleh di dalamnya segala macam buah-buahan dan ampunan dari Rabb mereka sama dengan orang yang kekal dalam Jahannam dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga memotong-motong ususnya?” (Muhammad: 15)

Ma’asyiral muslimin rahimakulullah semoga Allah senantiasa mencurahkan rahmat-Nya bagi kita semua. Itulah sekilas pembahasan tentang takwa. Semoga menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kita semua, dan semoga dapat mendorong kita untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Semoga Allah SWT memberi kemampuan kepada kita untuk melaksanakan segala perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya, serta menggolongkan kita ke dalam golongan orang-orang yang bertakwa yang akan meraih Al-Jannah (surga) yang penuh dengan kenikmatan. Amiin Ya Rabbal ‘alamiin.

Download  Mykultum

About these ads

One response to this post.

  1. Posted by hamba Alloh on 5 August 2011 at 8:31 am

    Amin

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: